APPK Masih Kumpulkan Data Pelanggaran: Pemilu 2014 Paling Buruk


JAKARTA – Setelah sepakat membentuk Aliansi Partai Politik Penegak Konstitusi (APPK), 16 partai non-parlemen kini mengumpulkan data-data pelanggaran yang diduga dilakukan KPU. Pengumpulan data ini dilakukan di Sekretariat Bersama (Sekber) APPK yang berada di Kantor Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Jl. Diponegoro No.63, Jakarta. 

Jika proses pengumpulan data selesai, APPK akan segera megajukan gugatan hukum. “Selain menyampaikan pengaduan kepada Bawaslu dan langkah hukum lain, APPK juga akan menyampaikan pengaduan kepada Mabes Polri terkait adanya dugaan pelanggaran pidana,” jelas juru bicara APPK, Roy BB Janis (Ketua Pimpinan Kolektif Nasional PDP), ketika ditemui Media Center PKPI di Sekber APPK, Kamis (10/1/2012).

 Kapan pengaduan itu akan diajukan,  Roy BB Janis belum dapat memastikan. Yang jelas, partai politik anggota APPK kini sedang berkumpul di Sekber APPK untuk pengumpulan data. “Kalau saya sih maunya sekarang juga. Tapi Aliansi PArpol Penegak Konstitusi kan ada banyak parpol dan memiliki data pelanggaran yang beragam. Ya mungkin saja, Senin minggu depan pengaduan sudah diserahkan,” papar mantan politisi PDIP tersebut.

 Mengenai pengaduan pelanggaran kepada Bawaslu, jelas Roy, memang ada pengaduan yang diajukan atas nama partai politik sendiri-sendiri. Namun,   pengaduan pelanggaran kepada Bawaslu juga ada yang akan duajukan secara bersama-sama atas nama Aliansi Partai Politik Penegak Konstitusi (APPK). "Dugaan pelanggaran yang dihadapi tiap partai lain-lain Jadi ada yang menyapaikan pengaduan kepada Bawaslu atas nama partai sendiri-sendiri. Tapi untuk kasus yang sama akan diajukan secara bersama-sama atas nama APPK," tambah Roy.

Pemilu 2014 Paling Buruk
 Menurut  Roy BB Janis, tahapan Pemilu 2014 ini merupakan tahapan Pemilu paling buruk yang pernah ia ikuti.  Disebutkan Roy, sebuah lembaga internasional pernah ada yang menyapaikan penilaian bahwa penyelenggaran Pemilu 2009 merupakan Pemilu terburuk di Indonesia. “Tapai setelah mengikuti tahapan Pemlu 2014  ini, Saya menilai proses Pemilu 2014 inilah yang paling buruk,” tegasnya.

 Kenapa demikian? Kalau pada Pemilu 2009 lalu proses yang terburuknya hanya pada ujung pelaksanaannya saja. Tapi, dalam tahapan Pemilu 2014 ini sejak awal sudah sangat buruk dan banyak kejanggalan. Karena itu, APPK akan terus berjuang menuntut keadilan.

Seperti diberitakan, partai non-parlemen sepakat membentuk Aliansi Partai Politik Penegak Konstitusi (APPK) setelah sebelumnya melakukan pertemuan bersama di Kantor Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Rabu (09/01/2013) sore.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. APPK INDONESIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger